Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Desain Awal Kapal Selam

Mungkin kapal selam bertenaga nuklir yang kita lihat kini sanggup ditelusuri jejaknya semenjak tahun 1500-an. “Kapal bawah air” pertama di dunia awalnya tidak lebih dari bahtera dayung yang dikemudikan manusia, namun di era ke-19 M para penemu telah membuat kapal selam dari besi yang bertenaga listrik dan sanggup bergerak di dalam laut, bahkan beberapa telah dipakai dalam pertempuran. Kami telah menghimpun 9 kapal selam pertama yang diciptakan manusia.

The deep-sea submersibles and nuclear subs of today can trace their origins back to the 1500s. The world’s first “underwater boats” were little more than glorified diving bells powered by pedals and hand cranks, but by the 19th century inventors had created crude metal craft that used engines and electricity to glide beneath the waves. A few even saw use in combat. From an oar-powered prototype to the original U.S. Navy submarine, here are nine undersea vehicles that were among the first in history to take the plunge.

Drebbel: 1620-1624

sumber : www.boaterexam.com

Ahli matematika berkewarganegaraan Inggris, William Bourne, membuat beberapa desain awal kapal selam sekitar tahun 1578, namun desain kapal selam pertama di dunia yang bisa dikendarai dibangun pada era ke-17 oleh Cornelius Drebbel, seorang polymath dan penemu di bawah komando Raja Britania James I. Kapal selam miliknya merupakan modifikasi dari bahtera dayung yang dilapisi kain berminyak dan dikemudikan oleh sekelompok pendayung. Sekitar tahun 1620, ia mencoba memakai kapal selam tersebut untuk menyelami Sungai Thames dalam program demonstrasi yang disaksikan oleh Raja James dan ribuan warga London. Sayangnya, tidak ada satupun desain kapal selam milik Drebbel yang tersisa ketika ini, hal ini membuat para sejarawan hanya bisa menerka bagaimana bentuk dan prosedur “kapal selam” tersebut. Beberapa sumber menyatakan benda tersebut sanggup menyelam sebab desain lingkaran ataupun berkat tanki kayu pemberat, sementara sumber lain menerka bahwa desainnya yang miring dan system pengatur berat dipakai untuk membuat kapal tersebut berada di dalam air ketika dioperasikan.

Turtle: 1775

sumber : en.wikipedia.org

Selama revolusi Amerika, David Bushnell menyediakan pasukan colonist sebuah senjata belakang layar dalam bentuk kapal selam berjulukan “Turtle.” Kapal kayu berpenumpang satu ini bergantung kepada kekuatan insan untuk bergerak. Sebuah tanki udara bertenaga kayuhan pedal membuatnya sanggup naik ke permukaan dan menyelam dan system pemberat membuatnya bisa tetap di bawah air. Jika dipakai secara benar, kapal tersebut bisa mendekati kapal musuh tanpa terdeteksi dan memasang ranjau maritim seberat 150 pon di bawah air. Dini hari tanggal 7 September 1776, prajurit Ezra Lee meluncurkan penyerangan kapal selam pertama di dunia ketika ia mengemudikan Turtle. Hanya dengan latihan singkat mengakibatkan ia gagal untuk memasang bom waktu di lambung kapal, ia menolak misi tersebut dan meledakkan ranjau tersebut di permukaan laut. Bushnell kemudian meninggalkan proyeknya sehabis beberapa kegagalan yang juga gagal menenggelamkan kapal musuh, namun penemuannya ini membuatnya mendapat kebanggaan dari beberapa tokoh Negara. Ketika ditanya mengenai Turtlem George Washington menjawab, “Saya berpikir dan masih berpikir bahwa karya tersebut merupakan ciptaan dari insan jenius.”

Nautilus: 1800

sumber : weaponsandwarfare.com

Ketika mengabdi kepada pemerintah Perancis tahun 1800, penemu berkewarganegaraan Amerika Robert Fulton mendesain “Nautilus,” sebuah kapal besi yang kadang disebut sebagai kapal selam modern pertama. Kapal berukuran 21 kaki tersebut memakai fitur-fitur revolusional menyerupai lambung kapal berbentuk rokok dan menara kemudi dari tembaga. Menggunakan tenaga tangan, empat motor penggerak dan juga terdapat layar portable untuk berlayar di permukaan. Pesawat juga dipakai untuk menemani pelayaran kapal selam, Fulton juga bereksperimen dengan tanki udara bertekanan untuk menyuplai oksigen awak kapal. Meskipun Nautilus berhasil melalui beberapa tes penyelaman di awal era ke-19, namun proyek itu gagal menang dalam persaingan dengan angkatan maritim Inggris dan Perancis. Fulton nantinya kembali ke Amerika dan menjadi populer sebab menyebarkan kapal uap komersial pertama.

Sea Devil: 1855

sumber : www.history.com

Wilhelm Bauer membuat kapal selam pertamanya tahun 1850, namun hampir merenggut nayawanya sehabis karam sedalam 50 kaki ketika didemonstrasikan. Hal tersebut tidak dipikirkannya, ia kembali melanjutkan eksperimennya dan mendapat pendanaan dari pemerintah Rusia untuk alat tempur baru. Setelah berkunjung ke St. Petersburg tahun 1855, ia membuat “Sea Devil,” kapal selam berukuran 52 kaki berawak banyak orang. Kapal ini digadang-gadang mempunyai teknologi revolusioner dengan beberapa tanki udara untuk menambah kemampuan apung. “Sea Devil” nantinya berhasil menjalani 130 penyelaman sebelum hilang di tengah laut. Kabar yang paling tidak masuk akal berembus ketika pengangkatan Czar Alexander II, ketika kapal itu menyelam dengan empat awak. Saksi mata nantinya melaporkan bahwa merka sanggup mendengar bunyi nyanyian lagu kebangsaan Rusia dari bawah air.

CSS H.L. Hunley: 1863

sumber : www.militaryfactory.com

Desain awal kapal selam temput HL. Hunley dibuat untuk membantu pasukan Konfederasi kabut dari barikade angkatan maritim pasukan Union selama Perang Sipil. Dibangun secara khusus di Mobile, Alabama tahun 1683, dibuat dari daur ulang mesin tangki uap dan sanggup memuat delapan awak—satu untuk menyetir dan tujuh lainnya untuk mengayuh alat penggerak. Terdapat senjata tombak dengan ujung torpedo yang akan meledak ketika menyerang kapal musuh. Pengujian awal menunjukkan nama lain kapal Hunley dengan “peripatetic coffin”. Kapal ini karam selama pengujiannya, membunuh sekitr 13 awak, termasuk teknisi Horace Lawson Hunley dan dinamakan sebab jasanya itulah. Dalam penyerangan, kapal tersebut berhasil menyerang USS Housatonic, meski kapal tersebut juga rusak dalam penyerangan tersebut. Meskipun menjadi kapal selam pertama dalam sejarah yang menghancurkan kapal lawan, pasukan Dixon dan semua anggota Konfederasi gagal memenangkan Perang Sipil.

Le Plongeur: 1864

sumber : www.wikiwand.com

Kapal selam ini yaitu kapal selam pertama yang ditenagai mesin, “Le Plongeur” (“Sang Penyelam”) merupakan kapal selam Perancis buatan Simeon Bourgeois dan Charles Brun. Tidak menyerupai kapal selam lain yang memakai tenaga manusia, kapal yang berukuran 140 kaki ini memakai mesin piston yang ditenagai udara terkompresi yang dari dalam tanki. Tanki ini juga menyediakan oksigen bagi awak kapal yang menyeimbangkan tekanan udara dalam kapal selam. Kapal selam ini berhasil melalui beberapa tes penyelaman, namun sebab suplai udara yang terbatas dan strukturnya yang tidak stabil membuatnya tidak dipakai tahun 1872. Banyak problem ini yang kemudian diperbaiki tahun 1888 dengan konstruksi kapal selam “Gymnote” yang lebih stabil dan ditenagai oleh listrik.

Ictineo II: 1865

sumber : brassgoggles.co.uk

Setelah menyaksikan maut seorang penyelam tahun 1857, seorang pelopor politik sekaligus penemu yakni Narcís Monturiol i Estarriol terinsiprasi membangun sebuah kendaraan bawah maritim untuk menambah keselamatan para pekerja. Hasilnya yaitu Ictineo II, kapal selam yang bertenaga mesin pertama didunia. Pendahulu Ictineo II yaitu Ictineo I, Ictineo II yang berukuran 46 kaki sangat stabil sebab system pengatur berat dan empat tanki bertekanan udara yang ditaruh di dalam lambung ganda kapal. Untuk membuat system pendorong, Monturiol membangun system kerja mesin yang memakai reaksi kimia yang menjadikan panas dan oksigen. Mesin yang berfungsi baik membuat serangkaian ujicoba berhasil di simpulan 1867, namun kapal selam tersebut dijual sebab kekurangan pendanaan. System pendorong tersebut tetap menjadi yang terbaik dan dipakai sampai era ke-20 M.

Argonaut: 1897

sumber : www.ojaivalleybeefarm.com
Kemajuan pesat dalam bidang kapal selam memang terjadi di simpulan era ke-19 masehi, namun masih terdapat kekurangan yakni dalam durasi perjalanan di bawah air. Hal tersebut berubah tahun 1897 ketika insinyur Amerika Simon Lake membangun Argonaut, kapal selam berukuran 36 kaki dengan mesin bensin bertenaga 30 kuda. Fitur kapal selam yang paling tidak biasa yaitu satu set roda yang membuatnya bisa bergerak di pantai. Juga terdapat periskop, ruang kemudi dan selang terapung yang menyediakan udara bagi mesin dan awak kapal. Lake memakai Argonaut untuk menemukan kapal yang karam di Pantai Chesapeake, namun tahun 1898 ia menggunakannya untuk berlayar dari Norfolk di Virginia sampai Sandy Hook di New Jersey  yang merupakan perjalanan lautan pertama yang dilakukan sebuah kapal selam. Perjalanan tersebut mendapat apresiasi besar dari banyak pihak. Ia kemudian menyebarkan banyak kendaraan bawah air untuk Angkatan Laut Amerika dan mempunyai lebih dari 200 paten ilmiah.

USS Holland: 1898

sumber : pigboats.com

Dalam perayaan di New Port, Kepulauan Rhode, tanggal 12 Oktober 1900, USS Holland menjadi kapal selam pertama yang secara resmi bertugas untuk Angkatan Laut Amerika. Dibangun tahun 1898, kapal berukuran 54 kaki ini diambil dari nama penemunya, John Philip Holland, seorang insinyur kelahiran Irlandia yang menjadi salah satu insinyur kapal selam ternama di simpulan era ke-19 dan awal era ke-20. Bagian kapal tersebut terdiri dari corong torpedo dan meriam udara yang dikenal dengan “dynamite gun.” Kapal ini ditenagai mesin berbahan bakar bensin 4 silinder untuk bergerak di permukaan, namun juga termasuk motor listrik 160 tenaga kuda untuk bergerak di dalam air. Karena Holland tidak pernah mengalami perang, kapal tersebut menjadi alat training dan kapal selam eksperimental sebab merupakan regu kapal selam pertama bagi Amerika. Kapal tersebut pension tahun 1905 sebab Angkatan Laut telah mempunyai setengah lusin kapal selam yang bertugas.

disadur dengan pengubahan dari laman



Sumber https://www.gu-buk.net

Posting Komentar untuk "9 Desain Awal Kapal Selam"