Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Pekerjaan Kekinian Yang Berafiliasi Dengan Medsos

Pada era yang serba digital ini, media umum memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Fungsi dari media umum pun kian bergeser dari yang sebelumnya sebagai media komunikasi, sekarang menjadi wahana untuk eksistensi diri. Menurut data, pengguna media umum yang aktif di Indonesia pada Januari 2017 mencapai 106 juta jiwa. Angka tersebut tergolong tinggi jikalau dibandingkan dengan pengguna media umum di negara-negara berkembang yang lainnya.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media umum tersebut, terdapat beberapa laba yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya dengan menimbulkan media umum sebagai lahan membuat lapangan pekerjaan. Berikut Hipwee berikan beberapa jenis pekerjaan yang berafiliasi dengan media sosial. Pekerjaan tersebut cocok dicoba oleh para generasi millennial alasannya sangat kekinian!

1. Buat kau yang selalu mengikuti tren di media sosial, cocok nih coba apply sebagai social media strategist
Melihat angka pengguna media umum yang cukup tinggi di Indonesia, membuat beberapa pebisnis serta perusahaan menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan bisnis mereka. Nggak hanya perusahaan dalam negeri saja, perusahaan multinasional bahkan dari luar negeri pun telah memakai media umum untuk memperluas jaringannya. Untuk itulah, diperlukan seorang social media specialist di dalamnya. Pekerjaan ini diperlukan untuk membantu perusahaan dalam membuat taktik pemasaran melalui media sosial. Salah satu kiprah yang harus dikerjakan oleh social media strategist ini ialah mengoptimalisasikan penggunaan media umum supaya proses pemarasan hingga promosi berjalan dengan baik.

2. Punya followers banyak dan akunmu udah diverifikasi? Coba jadi selebgram aja! Selain sanggup penghasilan, kau juga bisa ikutan tenar
Buat kau yang betah banget scroll instagram niscaya nggak abnormal deh dengan pekerjaan yang satu ini. Pekerjaan ini memang baru-baru ini menjadi tren di kalangan anak muda alasannya terlihat kekinian dan menghasilkan, selebgram. Namun menjadi selebgram tidak semudah kelihatannya lho. Modal utama yang harus kau miliki ialah followers yang banyak serta feeds yang menarik. Selain itu kalau akun instagrammu udah diverifikasi, semakin besar pula kesempatanmu untuk menjadi selebgram.

Penghasilan utama dari selebgram ini didapatkan dari endorsement serta kerjasama yang melibatkan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa mengantongi belasan juta rupiah hanya dengan mengunggah satu foto produk lho! Selain berupa materi, laba yang didapat dengan menjadi selebgram ialah bisa ikutan tenar. Dengan penghasilan dan laba tersebut, yakin nih kau nggak ingin jadi selebgram?

3. Kamu yang hobi bikin video dan punya ide-ide keren, bisa lho jadi youtuber atau vlogger. Penghasilannya tidak mengecewakan banget!
Beberapa tahun kemudian Youtube hanya dipakai untuk melihat video klip atau trailer film aja. Namun beberapa waktu terakhir, Youtube bisa menjadi lahan untuk mencari pundi-pundi bahkan pekerjaan tetap. Salah satunya ialah dengan menjadi kreator atau yang sering disebut sebagai youtuber. Menjadi youtuber nggak hanya bermodal punya kamera aja, tapi pekerjaan ini juga dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang keren serta kemampuan editing video yang mumpuni. Yang nggak kalah penting ialah ketekunan dan keseriusan dalam membuat video-video berkualitas.

Dari segi penghasilan, menjadi youtuber ini ternyata cukup menjanjikan. Setiap satu videomu berhasil ditonton 100 ribu kali, kau bisa mendapat 50-100 dolar AS atau setara dengan 1,3 juta rupiah. Coba bayangkan kalau kau dalam seminggu mengunggah dua video dengan total view sebanyak 1 juta viewer? Lumayan ‘kan?

4. Hobi menulis tapi ogah jadi penulis buku? Blogger profesional bisa kau jadikan pilihan. Jangan lupa pilih tema blogging yang sesuai passion-mu ya?
Menjadi blogger ialah pekerjaan di bidang media umum yang selanjutnya. Kamu yang hobi menulis tapi tak mau menjadi penulis buku, perlu mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Untuk bisa menjadi blogger profesional, kau perlu mengumpulkan beberapa modal terlebih dahulu. Di antaranya ialah blog yang sudah top level domain (.com, .co.id, atau yang lainnya) serta tema atau niche untuk halamanmu. Beberapa niche yang banyak dipakai oleh blogger profesional ialah beauty, fashion, makanan, parenting, teknologi serta masih banyak lagi. Selain itu, kau juga sebaiknya mempunyai ketelatenan dalam mengurus blog supaya bisa mendatangkan keuntungan.

Penghasilan dari blog ini biasanya didapatkan dari content partner, afiliasi serta iklan-iklan yang bisa didapatkan setelag kau memasang Google Adsense. Biar trafik blogmu makin ramai serta kemampuan bloggingmu meningkat, kau juga bisa lho bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada.

5. Kamu yang hobi menulis plus update dengan dunia media umum cocok nih jadi content writer. Dari merk ternama hingga instansi pemerintahan niscaya membutuhkan
Sebagian besar isi konten dari akun-akun tersebut tidak dibentuk pribadi oleh merk atau instansi pemerintah itu sendiri. Mereka biasanya bekerja sama dengan content writer yang bertugas mengisi setiap postingan tersebut. Seorang content writer harus mempunyai ide-ide yang selalu fresh supaya tema dari setiap akun yang ditangani itu terwakili. Untuk menjadi content writer kau juga diwajibkan untuk melaksanakan riset, baik riset untuk materi goresan pena serta riset tren yang terjadi di media sosial.

6. Desainer grafis juga diperlukan dalam bidang ini. Karena dunia media umum kurang menarik tanpa adanya visualisasi
Media sosial itu terdiri dari tiga elemen penting. Tulisan, gambar serta suara. Namun goresan pena serta gambar menjadi dua hal yang paling diperlukan di dalamnya. Kamu yang hobi desain pun bisa lho mendapat pekerjaan di bidang media sosial. Pekerjaan tersebut ialah menjadi desainer grafis. Untuk kau yang berminat menjadi desainer grafis, kemampuan memvisualisasikan goresan pena menjadi bentuk 2D atau 3D ialah kunci utama. Fungsi desainer grafis ini ialah untuk mendukung konten goresan pena supaya lebih menarik. Jika di media umum kau sering melihat infografik atau gambar animasi, nah hal itu merupakan hasil karya dari desainer grafis ini. Untuk problem penghasilan, nggak kalah kok dengan pekerjaan kekinian yang lain.

7. Kamu yang suka jalan-jalan sambil update media umum juga bisa jadi pekerjaan tersendiri lho. Social media traveler namanya
Menjadi sosial media traveler ialah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kau perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang dipakai untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga biro perjalanan untuk memperlihatkan review akan sebuah produk.

sumber: hipwee

Sumber https://www.gu-buk.net

Posting Komentar untuk "7 Pekerjaan Kekinian Yang Berafiliasi Dengan Medsos"