Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Shih Huang Ti (259 Sm - 210 Sm)

Shih Huang Ti ialah kaisar Agung dari Cina, berkuasa pada tahun tahun 238 hingga dengan 210 SM, ia kaisar pemersatu Cina dengan kekuatan senjata dan perombakan-perombokan penyatuan budaya Cina. Shih Huang Ti juga populer sebagai dengan julukan Chi'n Shih Ti dilahirkan tahun 259 SM dan wafat pada tahun 210 SM. Untuk memahami arti penting pribadinya, kita perlu mengetahui dulu latar belakang historisnya. Dia lahir di penghujung tahun dinasti Chou yang didirikan sekitar 1100 SM. Berabad sebelum masanya, dinasti Chou sudah kehilangan kemampuannya selaku penguasa, dan Cina terpecah belah sebagai negara federal.

Shih Huang Ti segera bergegas melaksanakan perubahan-perubahan besar. Mengubah seluruh ketentuan yang mengarah pada sistem negara federal. Wilayah yang dikuasainya dibagi menjadi 36 Provinsi, setiap provinsi diangkat seorang gubernur yang ditunjuk pribadi oleh kaisar. Demikian pula penguasa militer ditunjuk pribadi oleh kaisar dan bisa dipindah-pindahkan ke provinsi lain. Pembaruan juga ditegakan di bidang ekonomi, termasuk penyatuan jenis ukuran, baik ukuran berat, ukuran panjang, sehingga memudahkan perdagangan.

Namun budi yang paling mahsyur dan kontroversial ialah perintah memperabukan buku bacaan, yang dikeluarkan 213 SM. Yang boleh tidak dibakar ialah buku yang berkaitan pertanian, kedokteran, dan catatan sejarah Negara Chi'in. Semua buku yang berkaitan dengan filsafat Kong Hu Cu dimusnahkan, tetapi secara rahasia Shih Huang Ti memerintahkan mengkopi buku-buku yang dimusnahkan untuk disimpan di perpustakaan negara.

Shih Huang Ti juga menyatukan negara-negara di utara dan selatan Cina, lalu untuk mempertahankan Cina dari serangan luar negeri, membangun benteng dengan menghubungkan gerbang-gerbang kerajaan dan provinsi yang memang sudah pernah dibangun di perbatasan. Penyatuan pembangunan itu mengakibatkan lahirnya tembok Cina hingga sekarang. Memang ada yang tidak baiklah dan membrontak terhadap cara Shih Huang Ti yang memerintah dengan tangan besi. Namun kesemuanya dikandaskan oleh kaisar. Akhirnya kaisar wafat tahun 210 SM. Kaisar digantikan anaknya yang bergelar Erth Shih Huang Ti, tetapi tak setangguh ayahnya. Maka pemberontakan terjadi dimana-mana, hanya dalam 4 tahun dinasti Chi'in dimusnahkan.

Sumber https://www.gu-buk.net

Posting Komentar untuk "Shih Huang Ti (259 Sm - 210 Sm)"